بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيم
Pengertian Manajemen
Pengertian manajemen ditinjau dari segi (art)
Pengertian
manajemen ditinjau dari segi seni dikemukakan oleh Mary Parker Follet.
Follet berpendapat bahwa pengertian manajemen ialah seni (art) dalam
menyelesaikan pekerjaan (duty) orang lain.
- Pengertian manajemen ditinjau dari segi ilmu pengetahuan
Pengertian
manajemen ditinjau dari segi ilmu pengetahuan dikemukakan oleh Luther Gulick.
Gulick mengatakan bahwa pengertian manajemen adalah bidang pengetahuan
yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia
bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan.
Pengertian Manajemen ditinjau dari segi proses
Pengertian
manajemen ditinjau dari segi proses menurut James A.F. Stoner. Stoner
berpendapat bahwa definisi manajemen adalah proses perencanaan (planning),
pengorganisasian (organizing), kepemimpinan (leadership) dan
pengawasan (mengendalikan /controlling) kegiatan anggota dan tujuan
penggunaan organisasi yang sudah ditentukan.
Pengertian manajemen ditinjau dari segi proses menurut James A.F. Stoner. Stoner berpendapat bahwa definisi manajemen adalah proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), kepemimpinan (leadership) dan pengawasan (mengendalikan /controlling) kegiatan anggota dan tujuan penggunaan organisasi yang sudah ditentukan.
- Pengertian dan Definisi Manajemen menurut ahli lainnya
Pengertian
manajement menurut George R. Terry (1977) bahwa pengertian manajemen adalah
suatu proses yang terdiri dari planning (perencanaan), organizing
(pengorganisasian), actuating, dan controlling (pengendalian) yang dilakukan
untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dengan menggunakan manusia dan
sumber daya lainnya
Pengertian manajement menurut George R. Terry (1977) bahwa pengertian manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating, dan controlling (pengendalian) yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dengan menggunakan manusia dan sumber daya lainnya
Dari
berbagai pengertian manajemen diatas, dapat kita rumuskan bahwa pengertian dan
definisi manajemen adalah proses perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan,
dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dan proses penggunaan sumber daya
organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
Dari berbagai pengertian manajemen diatas, dapat kita rumuskan bahwa pengertian dan definisi manajemen adalah proses perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dan proses penggunaan sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
Fungsi Manajemen
Ada 4 fungsi utama dalam manajemen:
1.Perencanaan (Planning),
2. Pengorganisasian (Organizing),
3. Pengarahan (Actuating/Directing),
4. Pengawasan (Controlling)
- See more at: http://kiteklik.blogspot.com/2010/11/4-fungsi-utama-dalam-manajemen.html#sthash.RCq4g6Bv.dpuf
1.Perencanaan (Planning),
2. Pengorganisasian (Organizing),
3. Pengarahan (Actuating/Directing),
4. Pengawasan (Controlling)
- See more at: http://kiteklik.blogspot.com/2010/11/4-fungsi-utama-dalam-manajemen.html#sthash.RCq4g6Bv.dpuf
Ada 4 fungsi utama dalam manajemen:
1.Perencanaan (Planning),
2. Pengorganisasian (Organizing),
3. Pengarahan (Actuating/Directing),
4. Pengawasan (Controlling)
- See more at: http://kiteklik.blogspot.com/2010/11/4-fungsi-utama-dalam-manajemen.html#sthash.RCq4g6Bv.dpuf
1.Perencanaan (Planning),
2. Pengorganisasian (Organizing),
3. Pengarahan (Actuating/Directing),
4. Pengawasan (Controlling)
- See more at: http://kiteklik.blogspot.com/2010/11/4-fungsi-utama-dalam-manajemen.html#sthash.RCq4g6Bv.dpuf
Ada 4
fungsi utama dalam manajemen:
- Perencanaan (Planning),
- Pengorganisasian (Organizing),
- Pengarahan (Actuating/Directing),
- Pengawasan (Controlling)
- Fungsi Perencanaan (Planning)
proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan
di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk
mewujudkan target dan tujuan organisasi.
Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan :
- Menetapkan tujuan dan target bisnis
- Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
- Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
- Menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis
- Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan
dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan
tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan
bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien
guna pencapaian tujuan organisasi
Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian :
Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian :
- Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan
- Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab
- Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja
- Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
- Fungsi Pengarahan dan Implementasi (Actuating/Directing)
proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam
organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan
tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi :
Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi :
- Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
- Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
- Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
- Fungsi Pengawasan dan Pengendalian (Controlling)
proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah
direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai
dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam
lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian :
Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian :
- Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
- Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
- Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis
Tingkatan Manajemen
Manajemen puncak (Top Management)
Manajemen
puncak adalah jenjang (hirarki) manajemen tertinggi. Jenjang (hirarki)
manajemen tertinggi atau puncak biasanya terdiri atas dewan direksi (board
direction) dan direktur utama. Dewan direksi memiliki tugas memutuskan hal hal
yang bersifat sangat penting untuk bertahannya perusahaan. Manajemen puncak
(Top management) bertugas menetapkan kebijaksanaan operasional dan membimbing
interaksi antara organisasi dengan lingkungan.
- Manajemen menengah (Middle Management)
Manajemen
menengah biasanya memimpin suatu divisi atau departemen. Middle Management bertugas
dalam mengembangkan rencana-rencana operasi (operation plan) dan menjalankan
tugas tugas yang telah ditetapkan manajemen puncak (Top Management). Manajemen
menengah bertanggung jawab kepada manajemen puncak.
- Manajemen pelaksana (Supervisory management)
Pengertian
Manajemen pelaksana adalah hiraki manajemen yang memiliki tugas dalam menjalankan
rencana-rencana yang dibuat oleh manajemen menengah. Manajemen pelaksana atau
supervisory management juga bertugas dalam melaksanakan pengawasan
terhadap para pekerja dan memiliki tanggung jawab pada manajemen menengah
(middle management).
Jenjang
manajemen diatas dapat diilustrasikan sebagai piramida.
Puncak
piramida diduduki oleh manajemen puncak, tengah piramida diduduki oleh
manajemen menengah, dan bawah piramida oleh manajemen pelaksana.
Gambar
piramida yang semakin melebar ke bawah menunjukkan bahwa jumlah orang yang
menduduki jabatan manajemen puncak lebih sedikit daripada orang yang menduduki
jabatan manajemen menengah dan pelaksana. Begitu juga dengan orang yang
menduduki jabatan manajemen menengah, jumlanya lebih banyak daripada manajemen
puncak, tetapi tidak sebanyak manajemen pelaksana. Perhatikan garis komando dan
arah pertanggungjawaban pada piramida.
Bidang-Bidang Manajemen
Berikut
tabel dibawah ini untuk menunjukkan bidang bidang yang ada dalam manajemen
Manajemen
Administrasi perkantoran
Manajemen
pemasaran
Manajemen
komunikasi
Manajemen
mikro
Manajemen
contraint
Manajemen
enterprise
Manajemen
biaya
Manajemen
fasilitas
Manajemen
hubungan pelanggan
Manajemen
integrasi
Manajemen
harga pendapatan
Manajemen
pengetahuan
Manajemen
sakit
Manajemen
kualitas
Manajemen
pemasaran
Manajemen
pandangan
Manajemen
integrasi
Manajemen
fasilitas
Manajemen
program
Manajemen
mikro
Manajemen
proyek
Manajemen
rantai suplai
Manajemen
pengeluaran
Manajemen
sistem
Manajemen
keuangan
Manajemen
waktu
Manajemen
pertunjukan
Manajemen
pendidikan
Manajemen
persiapan dan pelaksanaan
Manajemen
stress
Manajemen
organisasi
Manajemen
personalia
Manajemen
Administrasi perkantoran
Manajemen
pemasaran
Manajemen
komunikasi
Manajemen
mikro
Manajemen
contraint
Manajemen
enterprise
Manajemen
biaya
Manajemen
fasilitas
Manajemen
hubungan pelanggan
Manajemen
integrasi
Manajemen
harga pendapatan
Manajemen
pengetahuan
Manajemen
sakit
Manajemen
kualitas
Manajemen
pemasaran
Manajemen
pandangan
Manajemen
integrasi
Manajemen
fasilitas
Manajemen
program
Manajemen
mikro
Manajemen
proyek
Manajemen
rantai suplai
Manajemen
pengeluaran
Manajemen
sistem
Manajemen
keuangan
Manajemen
waktu
Manajemen
pertunjukan
Manajemen
pendidikan
Manajemen
persiapan dan pelaksanaan
Manajemen
stress
Manajemen
organisasi
Manajemen
personalia
1 komentar:
sumber http://www.pengertianpakar.com/2014/09/pengertian-manajemen-menurut-para-pakar.html#_
Posting Komentar